Nasi Tiwul Bisa Jadi Obat Diabetes !!! Perlu Anda Baca !!!!




Nasi tiwul,  apakah anda pernah mendengar namanya?
Tiwul adalah makanan tradisional warisan nenek moyang khususnya bagi penduduk yang tinggal pulau jawa. Nasi tiwul dapat disebut sebagai nasi yang bersejarah, sebab nasi tiwul mulai ada dari zaman sebelum penjajahan. Pada zaman dahulu nasi tiwul di golongkan sebagai bahan pangan yang pokok sebagai pengganti nasi putih dari beras. Yang sebenarnya, 

Pada zaman dahulu nasi tiwul hanya di makan kalangan bawah atau orang yang kurang mampu saja.
Nasi yang terbuat dari ketela pohon atau singkong tersebut memiliki rasa unik dan berbeda dengan nasi putih, serta dapat di makan dalam bermacam-macam bentuk hidangan. Seperti menyajikan dengan campuran parutan kelapa dan gula merah,

Selain itu nasi tiwul juga dapat langsung di makan dengan hidangan lauk pauk yang lainya. Beberapa orang jawa nasi tiwul lebih istimewa bila di makan dengan sambal bawang dan ikan asin bakar.

Tapi pada zaman modern seperti sekarang ini merubah segalanya, ketika dahulu nasi tiwul hanya di makan kaum marjinal, sekarang bisa anda sebagai penyantap  sejati nasi tiwul,cara memperolehnya harus mendatangi tempat- tempat tertentu atau rumah makan spesial nasi tiwul. 

Lebih hebatnya lagi harga nasi tiwul pada umumnya tidak semurah nasi putih, Sebagaimana contoh di daerah lampung yang dahulu sangat mudah untuk memperoleh tiwul.

Sekarang nasi tiwul berubah menjadi makanan spesial di sebabkan harga bahan baku yang sangat mahal serta lahan pangan yang semakin sempit. Apa anda penasaran? apa saja kandungan nutrisi dalam nasi tiwul yang berguna bagi tubuh kita.

Kandungan nutrisi nasi tiwul di setiap 100 gram bahan baku (singkong)

·        Mengandung 63. 50 gram air
·        Karbohidrat 35 gram
·        Fospor sebanyak 40 gram
·        Vitamin C 30 mg
·        Kalsium 33 mg
·        Zat besi 0. 70 mg
·        Protein 1. 20 mg
·        Lemak 0. 30 mg
·        Vitamin B1 0. 01 mg
·        Mengandung kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras

Khasiat  nasi tiwul berdasarkan prosesnya:

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dalam proses pembuatan nasi tiwul yang cukup lama  menjadikan kandungan pati mengalami interaksi yang di namakan retrogradasi yang artinya terjadi interaksi antar fraksi amilosa pada pati saat dalam proses pembuatan dan menghasilkan pati retrogradasi atau pati resisten. Pati resisten adalah jenis pati yang lolos untuk pencernaan  yang sehat.  

Nasi tiwul Sebagai Sumber Energi

Kandungan asam butirat yang terdapat di dalam  nasi tiwul menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain  itu, menurut beberapa penelitian kesehatan, asam butirat bisa menghambat berkembangnya sel- sel kanker dalam tubuh.

Nasi tiwul Sebagai Makanan Diet Penderita Diabetes

Di ketahui bahwa penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang sulit sekali di sembuhkan. Penyakit ini ada sejak tahun 1552 SM (sebelum masehi). Bila sesorang terkena diabetes maka si penderita wajib memperhatikan pola makan yang seimbang. Semestinya, penderita diabetes menghindari nasi sebagai sumber tenaga. 

Alasanya nasi adalah jenis makanan pokok yang menyimpan kalori lumayan tinggi sehingga kalori yang di serap oleh tubuh cepat terurai dan berubah menjadi gula, Maka dari itu kesehatan menganjurkan umbi umbian untuk penggantinya, salah satunya adalah singkong, Akan tetapi untuk mempermudah  mengkonsumsinya umbi tersebut di buat menjadi nasi tiwul.

Mengapa nasi tiwul baik untuk penderita diabetes?
Sebab kandungan kalori didalam  nasi tiwul (121 kal) lebih rendah jika di bandingkan dengan nasi putih yang tinggi akan kalori.

Luar biasa sekali kan? Ayo kita pelihara tanaman jenis umbi yang satu ini, selain karena rasanya yang unik tentunya juga kaya akan manfaatnya.

Demikianlah yang dapat saya jelaskan tentang Manfaat Nasi Tiwul, semoga kita semua dapat mengambil intisari dari penjelasan tersebut. Kurang lebih nya saya mohon maaf. sekian

0 Response to "Nasi Tiwul Bisa Jadi Obat Diabetes !!! Perlu Anda Baca !!!!"

Posting Komentar

wdcfawqafwef